HIDROPONIK SMAN 6 CIMAHI
Indahnya Sekolah dengan penghijauan

By Hendri Yuliadi 30 Apr 2021, 08:18:44 WIB Hidrophonik
HIDROPONIK SMAN 6 CIMAHI

Gambar : Suasana Lokasi Hidroponik SMAN 6 CIMAHI


Lingkungan merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia. Berbagai cara dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang indah dan nyaman, salah satunya dengan menggunakan metode penanaman hidroponik.

Hidroponik secara etimologis berasal dari gabungan dua kata, yakni hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Artinya, dapat dikatakan bahwa hidroponik adalah sebagai teknik bertani yang menggunakan air sebagai media tanamnya atau media suplai nutrisi (kompas.com).

Menurut buku Kiat Sukses Bertanam Hidroponik untuk Pemula yang ditulis oleh Susi Anggraeni (2018), dengan menggunakan air sebagai media tanam, metode hidroponik terbilang menjanjikan pertumbuhan tanaman yang lebih baik karena nutrisinya dapat diatur sesuai kebutuhan tanaman.

Bunga, herbal, dan sayuran hidroponik ditanam di media tanam yang lembap dan disuplai dengan larutan kaya nutrisi, oksigen, dan air. Sistem ini mendorong pertumbuhan yang cepat, hasil yang lebih kuat, dan kualitas yang unggul (brilio.net).

Metode penanaman Hidroponik di SMAN 6 Cimahi sudah dilakukan dan diremikan langsung oleh ibu Endang dari KCD pada tahun 2020. Lahan hidroponik yang dimiliki oleh SMAN 6 Cimahi sebanyak 1.520 lubang tanaman. Hal tersebut dilakukan agar tanaman yang dihasilkan lebih banyak dan lebih bervarian jenisnya. 

Banyak jenis sayuran yang sudah ditanam, mulai dari menanam kangkung, pakcoy, seladah dan lainnya. Sayur yang dihasilkan pun sangat berkualitas dan terlihat lebih segar, selain itu dengan metode ini tamanan terhindar dari bahayanya pestisida dan zat berbahaya lainnya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment